Tips Atasi Masalah Barang Ketinggalan di Kereta
Tips Atasi Masalah Barang Ketinggalan di Kereta

Tips Atasi Masalah Barang Ketinggalan di Kereta
Banyak orang memilih bepergian dengan Kereta Api Indonesia (KAI), terbukti dengan tingginya jumlah tiket yang terjual. Sebanyak 329.000 tiket KA berjadwal telah terjual secara online, dan penumpang KA yang semakin padat ternyata juga berimbas pada kelalaian penumpang dalam menjaga barang bawaannya. Cara Menemukan Barang Hilang Penumpang dapat langsung melapor ke petugas jika kehilangan barang di dalam kereta atau di area stasiun. Jika penumpang kehilangan barang, mereka dapat melapor ke kondektur kereta api yang sedang bertugas atau satpam polisi khusus kereta api (Polsuska).
Sebagai alternatif, penumpang dapat menghubungi 121 untuk menghubungi KAI Contact Center untuk melaporkan barang bawaan yang tertinggal. Untuk memberikan keamanan maksimal bagi penumpang, staf akan melakukan pemeriksaan rutin di area ruang tunggu dan di dalam kereta. Petugas akan memeriksa kereta di stasiun tujuan akhir secara lebih detail dengan memeriksa setiap rangkaian gerbong dan memastikan tidak ada yang tertinggal. Jika ditemukan segera, maka akan segera diserahkan kepada pelapor barang yang hilang. Namun, jika barang tidak dapat ditemukan, staf akan mengkonfirmasi kemajuan pemrosesan dengan pelapor melalui telepon. Cara mengklaim barang yang tertinggal di stasiun atau di kereta Perlu diketahui bahwa jika barang tersebut telah ditemukan, orang yang mengambilnya harus menunjukkan KTP dan melalui proses verifikasi kepemilikan barang tersebut. Staf juga segera mengumumkan barang yang ditemukan melalui pengeras suara sehingga penumpang yang mencari barang dapat dengan mudah menemukannya. Kalau belum ada yang mengambilnya, maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun kemudian dimasukkan ke database Lost and Found yang dimiliki oleh KAI. Sistem itu dibuat agar barang yang tertinggal atau hilang bisa dengan mudah dilacak sesuai ciri maupun spesifikasi barang yang telah dilaporkan oleh penumpang. Info lebih lengkap mengenai layanan Angkutan Lebaran KAI, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun dan Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.