Strategi Digital Marketing yang Efektif
Strategi Digital Marketing yang Efektif

Strategi Pemasaran Digital yang Efektif
Strategi yang bisa diterapkan dalam digital marketing sangat beragam. Untuk mencapai target yang maksimal, pastikan terlebih dahulu bahwa strategi digital marketing yang Anda pilih adalah strategi yang tepat dari segi budgeting hingga resource dalam penerapannya.
Di bawah ini, Binar menjelaskan berbagai strategi digital marketing yang bisa Anda coba.
1. Google Bisnisku (GMB)
2. WhatsApp untuk Bisnis
3. Situs web
4. Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
5. Pemasaran Email
6. Penulisan salinan
7. Pemasaran Media Sosial
Langkah-langkah Memulai Digital Marketing Bagi Pemula
Sebelum mulai menerapkan strategi pemasaran digital yang Anda pilih, lakukan juga langkah-langkah berikut yang bisa menjadi panduan saat memulai pemasaran digital.
1. Tentukan target pasar dan pilihan produk
Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih target pasar atau siapa yang akan menjadi konsumen Anda terlebih dahulu. Setelah mengetahui dan mengenali target pasar yang tepat, barulah mempelajari apakah produk yang akan Anda buat bisa menjadi solusi bagi mereka.
2. Pilih produk yang merupakan solusi terbaik
Langkah kedua dalam belajar digital marketing untuk pemula adalah memilih produk yang ingin ditawarkan. Anda perlu memikirkan apakah produk Anda adalah yang terbaik dan solusinya? Jadi, pastikan produk yang akan Anda perkenalkan bisa menjawab permasalahan calon konsumen.
3. Bangun situs web
Buat situs web segera setelah Anda menemukan produk dan target pasar yang tepat. Marketplace memang pilihan yang bagus untuk bisnis. Namun situs tersebut tetap bukan milik Anda sendiri. Jadi, Anda harus membangun situs web Anda sendiri.
4. Membangun media sosial
Website sudah beres, kini saatnya membangun media sosial sebagai sarana promosi. Anda dapat memilih dua antara Instagram, Facebook, dan Twitter. Pilih apa yang menurut Anda tepat untuk target pasar Anda.
5. Gunakan SEO, SEM, dan Iklan Media Sosial
Jangan lupa terapkan SEO, SEM, dan Social Media Ads untuk meningkatkan jangkauan digital marketing. SEO digunakan agar bisnis Anda muncul di halaman pertama Google. SEM adalah layanan berbayar agar bisnis Anda cepat dikenal. Iklan media sosial juga memiliki fungsi yang sama dengan SEM.
Semoga bermanfaat 🙂